Kamis, 23 Februari 2012

Eksis Lewat Kuis, Giveaway dan Kompetisi Online :D

Bicara soal internet, untuk satu kata ini memang sepertinya tidak akan ada habisnya menjadi suatu perbincangan tentang teknologi yang begitu diminati oleh masyarakat Indonesia saat ini. Internet bahkan seperti virus yang cepat menyebar di semua kalangan masyarakat, virus yang dapat memberikan manfaat yang positif atau sebaliknya yakni memberikan pengaruh buruk bagi penggunanya.

Internet dikenal oleh semua kalangan, baik orang tua, dewasa, remaja dan bahkan anak- anakpun sekarang sudah dapat menjangkau teknologi tersebut. Padahal jika dibandingkan dengan beberapa tahun yang lalu, waktu itu aku masih ingat saat aku genap berusia 5 tahun. Orang tuaku memberikan kado ulang tahun sebuah boneka, buku gambar dan alat warna. Di usiaku yang terbilang masih kecil, aku cukup senang mendapatkan kado yang menurutku sangat sangat bagus. Namun sepertinya, di jaman yang serba canggih saat ini, sangat jarang aku menemui anak- anak bermain dengan teman- temannya seperti petak umpet, lompat tali dan permainan lainnya. Saat ini anak- anak lebih senang bermain dengan gadget pemberian orantuan mereka. Dengan gadget tersebut mereka juga bisa bermain, menggambar, mendengarkan musik, bahkan ada beberapa yang mungkin sudah mahir dan akarab dengan dunia internet. Karena dunia memang sudah berkembang global, mau tidak mau kita sebagai masyarakat juga harus mengikuti perkembangannya termasuk pertumbuhan teknologi. Selain itu akses pendidikan, kesehatan, transaksi perdagangan saat ini juga telah dapat dengan mudah dilakukan berkat adanya internet.

Mayoritas masyarakat Indonesia membutuhkan internet dalam segala bidang, baik pekerjaan, pendidikan bahkan untuk sekedar hiburan. Banyak hiburan yang saat ini disediakan oleh internet, misalnya saja saat ini banyak pengguna internet yang memanfaatkan situs jejaring pertemanan sosial seperti facebook, twitter, blogger, tumblr, dan lain- lain. Diantara sekian banyak situs jejaring pertemanan sosial, sebagian besar penggunanya adalah remaja dan anak- anak. Berkaitan dengan tema writing blog competition yang diusung oleh AXIS kali ini adalah “Eksis dengan Internet”, banyak remaja dan anak- anak yang membutuhkan pengakuan diri dimana mereka dapat menujukkan eksistensi mereka di lingkungan sosialnya maupun di dunia maya melalui internet. Masa remaja adalah saat dimana dia masih mencari tahu siapa dirinya dan tujuan hidupnya sedangakan anak- anak, mereka lebih sering meniru apa yang dilihat, didengar, dan yang dilakukan oleh sekitarnya.

Dengan hadirnya situs jejaring sosial yang semakin marak dan mudah diakses, tidak hanya di komputer dan laptop saja tetapi situs jejaring sosial ini dapat diakses dengan mudah di handphone atau smartphone. Kemudahan inilah yang membuat remaja dan anak- anak saling berlomba- lomba untuk menunjukkan kebolehan mereka dalam suatu kegiatan dimana hal tersebut pada akhirnya membentuk citra pribadi mereka di dunia maya, seperti mengupload foto di jejaring sosial mereka, bertukar pendapat tentang sebuah issu, update status yang dibatasi oleh beberapa karakter kata, dan bahkan banyak berita atau info adari media cetak yang juga dapat di share dan berita tersebut langsung tersebar di homepage atau timeline orang lain. Jika masih pada tahap yang wajar dan bermanfaat untuk pengembangan diri itu sah- sah aja, asalkan juga tidak mengganggu atau menyinggung, merugikan pihak lain. Aku sendiri banyak banget terbantu dengan adanya internet misalnya saja dengan adanya penyedian situs jejaring sosial sebagai hiburan dan tentunya pendidikan yang positif ya..

Belakangan ini aku tertarik untuk mengikuti kompetisi- kompetisi online misalnya seperti writing competition, photo essay competition. Tidak hanya itu aja sih, aku juga manusia biasa yang butuh hiburan kalau lagi sumpek dengan tugas- tugas kuliah ataupun pekerjaan rumah. Wajar yaa, biasanya sih aku coba- coba buat ikutan kuis- kuis online dan giveaway yang ada di situs- situs jejaring sosial, ya mungkin hadiah atau barang yang aku dapat nggak seberapa sih, tapi buatku lumayan kok. Awalnya ikutan nyoba kuis- kuis begituan ya sering gak menang tapi nyobanya juga jarang- jarang aja sih kalau lagi ada waktu senggang aja dan kegiatan ini Cuma buat have fun aja alias seneng- seneng kalau lagi sumpek, lumayan kan kalau menang. Dari pada nulis status galau mulu. Hahaha.. Tapi pada akhirnya dari usaha- usaha kecil- kecilanku itu akhirnya membuahkan hasil juga, aku menang kuis untuk pertama kalinya dari sebuah crafting onlineshop yang membuat barag- barang handmade. Emang dari awalnya udah ngincer itu hadiah sih.. Yaph, aku dapat bantal owl (burung hantu) dari idekuhandmade. Pernah juga dapat pulsa gratis dari salah satu cloth onlineshop, trus dapat giveaway rok cewek dari cloth online shop juga, lumayan kan. Ditanya seneng?! Ya pastilah siapa sih yang nggak senang kalau dapat hadiah, apalagi nggak perlu keluar uang untuk beli barang itu. Setidaknya dari situ aku belajar untuk lebih kreatif memanfaatkan internet. Aku juga nggak perlu menyusahkan orangtuaku untuk beliin barang ini itu. Selama aku bisa berusaha untuk dapatkan barang yang aku inginkan dengan jerih payahku sendiri, kenapa enggak. Menurutku itu bisa jadi nilai plus juga buat aku. Aku jadi terlatih untuk memanfaatkan apa yang aku punya, misalnya saja karena aku suka sekali dengan crafting, aku sering ikut kompetisi- kompetisi online yang berbau crafting seperti scrapbook competition, DIY competition, dan lainnya.

Sebenarnya banyak sih manfaat yang aku dapat dari situs- situs jejaring sosial itu tidak hanya sekedar update status, comment sana sini, upload foto dan lainnya, dari sana aku masih bisa berkreasi dengan karya- karyaku, bertukar pendapat dengan para crafter lain untuk menghasilkan karya- karya dan produk- produk baru yang masih fresh. Semoga dari ceritaku diatas dapat memberikan sedikit inspirasi buat kalian semua yang berkenan untuk membaca ya :)

4 komentar:

  1. Mantap tulisannya....sukses buat semuanya!
    Salam kenal dari One sm

    http://iwansmtri.blogspot.com/2012/01/eksis-dengan-internet-untuk.html

    BalasHapus
  2. makasih udah berkenan membaca, sukses juga ya buat anda. Salam kenal juga :)

    BalasHapus
  3. waaahhh seumur2 aku blm pernah dapet giveaway online T~T
    kapan2 main ke blogku yaa... mau siap2 bagi2 give away juga \(^v^)/
    http://indecraft.blogspot.com/

    BalasHapus
  4. coba ikutan aja, hehe seruu lho.. kapan2 aku juga berniat bikin giveaway juga :D
    blog km bagus, aku juga suka banget crafting. saling bertukar ide dan pendapat ya.. siapa tahu bisa saling bantu :D

    BalasHapus